Memperbaiki Error Establishing Database Connection di Wordpress

- Last Update Februari 11, 2018
Hosting Unlimited Indonesia
Memperbaiki Error Establishing Database Connection di Wordpress

CaraWordpress.com - Bagi ente pengguna Wordpress mungkin ente pernah mengalami error yang satu ini, dimana database tidak terkoneksi dnegan baik. Bagi pengguna Wordpress yang masih baru, mungkin butuh waktu 20 menit untuk menemukan cara memperbaikinya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap bagaimana mendeteksi dan memperbaiki masalah ini.

Penting: Pastikan ente telah melakukan backup

Kenapa terjadi error?

Singkatnya, error ini terjadi karena WordPress tidak dapat membuat koneksi database. Penyebab WordPress tidak bisa membuat koneksi database bisa bermacam-macam. Bisa jadi kredensial login database salah atau telah diubah. Bisa jadi server database tidak responsif. Bisa jadi database sudah rusak.

Apakah /wp-admin/ juga bermasalah?

 Yang pertama harus ente lakukan adalah memastikan apakah backend web juga terjadi error atau tidak. Jika notifikasi error "One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired", ente cukup melakukan repair database dengan mengedit file wp-config.php dan menambahkan kode berikut tepat sebelum That’s all, stop editing! Happy blogging di wp-config.php
define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Selanjutnya tinggal ente repair database dengan mengunjungi link http://www.blogente.com/wp-admin/maint/repair.php



Ingat, pengguna tidak perlu masuk login untuk mengakses url tersebut saat definisi ini ditetapkan. Karena tujuan utamanya adalah untuk memperbaiki database yang rusak, User seringkali tidak bisa login saat database corrupt atau rusak. Jadi setelah selesai memperbaiki dan mengoptimalkan database, pastikan untuk menghapus kode tadi dari wp-config.php.

Jika masih terjadi error, lanjut ke langkah selanjutnya.

Periksa file wp-config.php

Wp-config.php adalah  salah satu file terpenting di seluruh instalasi WordPress. Di sinilah ente bisa menemukan rincian konfigurasi database yang sedang digunakan web ente. Kalau ente mengganti kata sandi root, atau kata sandi pengguna database, maka ente perlu mengganti rincian di file ini juga.

define ('DB_NAME', 'nama-database');
define ('DB_USER', 'database-username');
define ('DB_PASSWORD', 'database-password');
define ('DB_HOST', 'localhost');

Ingat DB_Host ente mungkin bukan localhost, tergantung pada hostingnya. Untuk hosting populer seperti HostGator, BlueHost, Site5, dan hosting pada umumnya menggunakan localhost.

Jika semua konfigurasi dalam file ini benar (pastikan ente memeriksa kesalahan pengetikan), maka ada yang tidak beres di server dan ente harus memeriksa Server MySQL di Web Hosting ente.

Periksa Web Host Anda (Server MySQL)

Tak jarang error ini muncul saat situs ente diserbu banyak lalu lintas atau pengunjung. Pada dasarnya, server host tidak dapat menangani beban pengunjung yang membludak, khususnya di shared hosting. Situs ente akan menjadi sangat lambat dan bagi beberapa pengunjung malah terjadi error.

Jadi hal terbaik yang harus ente lakukan adalah menghubungi penyedia hosting atau livechat dengan penyedia hosting dan tanyakan apakah server MySQL responsif.

Baca doang? Gak mau ngomen apa gitu?
EmoticonEmoticon

 

Masukan keyword