Mengenal Google Merchant Center, Solusi Untuk Bisnis Retail

- Last Update Februari 12, 2018
Hosting Unlimited Indonesia
Mengenal Google Merchant Center, Solusi Untuk Bisnis Retail

CaraWordpress.com - Google Merchant Center, mungkin masih agak asing ditelinga kita, namun di kalangan pebisnis luar negeri produk Google yang satu ini sangat menjanjikan dalam hal meningkatkan pendapatan dan penjualan produk mereka.

Apa Itu Google Merchant Center?

Google Merchant Center adalah dashboard Google dimana pengusaha atau perusahaan bisa mengupload dan mengelola produk mereka. Pengusaha bisa mengelola gambar, informasi produk, hingga harga produk yang akan ditampilkan di hasil pencarian Google yang relevan. Singkatnya, Google Merchant Center bisa dibilang Marketplacenya Google.

Mengelola Semua Interaksi Akun Google

Keuntungan yang akan kita dapatkan dengan bergabung di Google Merchant Center adalah produk kita bisa terintegrasi otomatis dengan produk Google lain, seperti Adword, Google Analytics, maupun Google Local Search.

Berikut keuntungan menggunakan Google Merchant Center
  1. Google Shopping List yang akurat, Saat pembeli mencari sebuah produk di pencarian Google, akan ditampilkan produk-produk yang kita unggah dalam bentuk katalog yang memudahkan pembeli untuk mengklik langsung produk kita. Hasil pencariannnya pun akurat dan relevan.
  2. Integrasi Google Adwords, Setiap produk di Google Merchant Center  mudah untuk dihubungkan ke iklan Adwords. Teknik pemasaran ulang juga dapat digunakan untuk mengingatkan pengunjung terhadap produk yang sebelumnya pernah dilihat.
  3.  Integrasi Google Analytic, Pengguna Analytics dapat menambahkan segmen khusus ke akses Google Merchant Center, sehingga statistik mereka tetap terpisah dari statistik lainnya.
  4. Review Produk Online, Ulasan produk diintegrasikan ke dalam daftar katalog produk, dengan bintangsebagai bagian dari listing produk. Bintang dengan skor 4.5 - 5 akan di prioritaskan.
  5. Konversi langsung, Saat pembeli melakukan klik akan langsung menuju ke laman toko situs web e-commerce kita.
  6. Integrasi Pencarian Lokal Google, Produk yang ditampilkan secara langsung terintegrasi berdasarkan geotagging.

Apa Yang Diperlukan Untuk Mendaftar Google Merchant Center?

Karena Google Merchant Center terintegrasi ke dalam banyak produk Google lainnya, yang ente perlukan adalah:
  1. Ente memiliki setidaknya satu Akun Google.
  2. Situs dan bisnis yang telah diverifikasi di bisnis Google Places dengan alamat fisik, nomor kontak, dukungan teknis, dan proses pembayaran yang valid.
  3. Lengkapi data produk dalam format yang dapat diterima oleh Google, termasuk harga, ketersediaan, dan informasi pengiriman, berformat TXT atau XML, atau sertakan file dengan format Excel. Dalam beberapa kasus, data produk juga dapat diimpor dari platform e-commerce yang ada.
  4. Platform e-commerce menyediakan kemampuan integrasi untuk menyinkronkan semua data GMC.

Apakah Google Merchant Center Tersedia di Indonesia?

Berdasarkan informasi dari Halaman Bantuan Google Merchant Center, Google Merchant Center tersedia di negara Argentina, Australia, Austria, Belgia, Brasil, Kanada, Cile, Kolombia, Republik Ceko, Denmark, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Norwegia, Filipina, Polandia, Portugal, Belanda, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Turki, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Baca doang? Gak mau ngomen apa gitu?
EmoticonEmoticon

 

Masukan keyword